Rabu, 07 September 2011

Franc Takluk Di Tangan SNB

Franc Swiss tumbang terhadap Euro dan Dollar AS pada hari Selasa, setelah Swiss National Bank mengejutkan pasar dengan menetapkan batas bawah untuk nilai tukar Euro/Swiss sebagai upaya mengekang apresiasi mata uang berlebihan yang telah melukai perekonomian. Euro melesat seketika pasca SNB mematok target nilai tukar mata uang tunggal pada level 1.20 Franc. Bank sentral juga mengatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan likuiditas tidak terbatas untuk membeli valuta asing guna menjaga nilai tukar Franc.

Meski begitu, para analis tetap skeptis SNB akan mampu mengekang apresiasi Franc dalam waktu yang lama mengingat kuatnya permintaan aset safe haven di tengah ketidakpastian global. "Aksi SNB hari ini benar-benar mendadak dan agresif," kata Paul Mackel, analis senior forex HSBC di Hong Kong. "Bagaimanapun, masih diperlukan tindakan agresif terus menerus untuk mengubah bias Franc Swiss dan meredam kilau status safe haven-nya.

Mematok Euro/Swiss pada 1.20 hanya merupakan sebuah langkah mudah, akan lebih sulit untuk menjaga nilai tukar atau secara signifikan mengangkatnya jika prospek ekonomi global masih terlihat suram." Spekulasi Stimulus Tenggelamkan Pound.

Semoga info ini bermanfaat.

Salam CUan :)