Rabu, 04 April 2012

Ekspansi Manufaktur AS Ceriakan Asia

Bursa saham Asia lanjutkan rally setelah ekspansi sektor manufaktur AS berikan harapan perekonomian dunia bisa mengarungi ancaman resesi ringan di Eropa. "Bagusnya data manufaktur AS dapat isyaratkan membaiknya outlook pendapatan perusahaan AS. Ini tentunya berikan sentimen positif,”ujar Hitoshi Asaoka, strategis Mizuho Trust & Banking.

Nikkei turun namun masih berada di atas level psikologis 10.000. Penguatan yen berhasil memicu aksi profit-taking atas saham eksportir yang berkinerja cemerlang belakangan ini. "Kembali menguatnya yen memberikan kesempatan untuk lakukan aksi profittaking.

Namun, kejatuhan akan memberikan peluang beli," kata Masayuki Otani, analis Securities Japan.

Analis prediksi Nikkei masih bisa bertahan di atas 10.000 seiring meningkatnya pembelian saham di awal tahun keuangan baru di Jepang. Kenichi Hirano, petinggi Tachibana Securities, mengutarakan dana pensiun dan perusahaan asuransi akan menjadi pembeli sehingga bisa menopang performa indeks.

Kospi catatkan level tertinggi dalam 14 bulan terakhir setelah bagusnya data manufaktur AS isyaratkan keberlanjutan pemulihan ekonomi dunia.

Hyundai Motor dan Kia Motors melejit seiring meningkatnya penjualan di luar negeri dan membaiknya outlook pendapatan perusahaan.

Semoga info ini bermanfaat.

Salam CUan :)