Rabu, 04 April 2012

Kebijakan RBA Melukai Aussie


Dollar Australia bergerak melemah terhadap rival-rival utamanya pada hari Selasa setelah Reserve Bank of Australia mempertahankan suku bunga tidak berubah pada level 4,25% sembari mengisyaratkan kesiapan untuk memperlonggar kebijakan lebih lanjut.

Dalam pernyataannya, Gubernur RBA Glenn Stevens mengatakan bank sentral masih perlu melihat beberapa data penting berikutnya untuk mengkaji ulang prospek inflasi, sebelum mempertimbangkan langkah selanjutnya untuk melonggarkan kebijakan moneter.

"Secara keseluruhan, pernyataan RBA cukup dovish," kata Lee Sue Ann, ekonom pada United Overseas Bank Ltd. di Singapura. "Ekspektasi akan adanya penurunan tingkat suku bunga jelas mendatangkan tekanan untuk Dollar Aussie." Biro Statistik Australia dijadwalkan baru akan merilis data tingkat inflasi kuartal pertama pada tanggal 24 April mendatang.

Sementara sebuah data yang dirilis TD Securities Inc. dan Melbourne Institute awal pekan ini menunjukkan indeks harga konsumen Australia tumbuh 1,8% pada bulan lalu dari tahun sebelumnya, yang merupakan laju terlambat sejak Oktober 2009.

Semoga info ini bermanfaat.

Salam CUan :)