Kamis, 28 Oktober 2010

Long Put Options

Long Put ( Buy Put ) adalah Hak untuk menjual sebuah saham dengan harga tertentu (Strike Price) sampai dengan waktu tertentu ( Expire date)



Direction : Saham Turun / Bearish

Volatility : Jika volatility naik , maka harga Put anda akan semakin tinggi

Max Risk : Terbatas sebesar Premi yang dibayar.

Max Profit : Tak terhingga , semakin besar turunnya harga saham, semakin besar untung dari options put.

Time Decay : Semakin waktu berlalu nilai optons akan semakin kecil karena terkikis oleh waktu.

Tujuannya : Sebagai daya ungkit (leverage) yang baik, Jika harga saham turun sangat cepat. Sehingga turunnya harga saham dapat melebihi dari nilai waktu yang terkikis.


Contoh nya :

Pada tanggal 01 Des 09 AAPL = $ 198, saya mempunyai posisi : +1 Put AAPL 195, Jan 10 ( Buy 1 lot Put Apple , strike price 195, expire Jan 2010 ) , premi = USD 5

Artinya saya berhak menjual saham AAPL dengan harga $195 dari saat ini hingga Jan 2010, walaupun harga AAPL turun hingga berapapun, untuk itu saya harus membayar premi sebesar $ 5.

Skenarionya jika pada saat Expire Januari 2010 :

* Jika saat Expire AAPL = 200, maka premi Anda akan menjadi tidak ada harganya lagi ( expire worthless ) , Karena Anda mempunyai Hak untuk menjual saham AAPL dengan harga $195, padahal harga AAPL saat itu $ 200, tentu Anda tidak akan mau menjual AAPL dengan harga $195 bukan ?. Anda membeli option put dengan harga $ 5 dan sekarang tidak berharga lagi. $ 5 (LOSS 100%)
* Jika saat Expire AAPL = 198, maka premi Anda akan menjadi tidak ada harganya lagi ( expire worthless ) , Karena Anda mempunyai Hak untuk menjual saham AAPL dengan harga $195, padahal harga AAPL saat itu $ 198, tentu Anda tidak akan mau menjual AAPL dengan harga $195 bukan ?. Anda membeli option put dengan harga $ 5 dan sekarang tidak berharga lagi. $ 5 (LOSS 100%)
* Jika saat Expire AAPL = 195, maka premi Anda akan menjadi tidak ada harganya lagi ( expire worthless ) , Karena Anda mempunyai Hak untuk menjual saham AAPL dengan harga $195, padahal harga AAPL saat itu juga $ 195, sehingga tidak ada bedanya Anda memiliki hak option atau tidak. Anda membeli option put dengan harga $ 5 dan sekarang tidak berharga lagi. $ 5 (LOSS 100%)
* Jika saat expire AAPL = 193, Maka harga premi Anda akan menjadi $ 2, Karena Anda mempunyai hak untuk menjual saham AAPL dengan harga $195, sedangkan harga market AAPL saat itu = $193. Jadi Anda dapat membeli AAPL dengan harga market = $193 dan langsung menjualnya dengan harga $195. Jadi Anda memiliki keuntungan $2 , tetapi sebelumnya Anda telah membayar $ 5 untuk membeli option put ini, sehingga Anda masih rugi $5 – $2 = $ 3 (LOSS 60%)
* Jika saat expire AAPL = 190, Maka harga premi Anda menjadi $5, Karena Anda mempunyai hak untuk menjual saham AAPL dengan harga $195, sedangkan harga market AAPL saat itu = $190. Jadi Anda dapat membeli AAPL dengan harga market $190 dan langsung menjualnya dengan harga $195. Jadi Anda memiliki keuntungan $5 , tetapi sebelumnya Anda telah membayar $ 5 untuk membeli option put ini, sehingga Anda balik modal ( Break even point )
* Jika saat Expire AAPL = 180, Maka harga premi Anda menjadi $15, Karena Anda mempunyai hak untuk menjual saham AAPL dengan harga $195, sedangkan harga market AAPL saat itu = $180. Jadi Anda dapat membeli AAPL dengan harga market $180 dan langsung menjualnya dengan harga $195. Jadi Anda memiliki keuntungan $15 , tetapi sebelumnya Anda telah membayar $ 5 untuk membeli option put ini, sehingga Anda memiliki keuntungan $15 – $ 5 = $ 10 ( Profit 200% )
* Jika saat Expire AAPL = 160, Maka harga premi Anda menjadi $35, Karena Anda mempunyai hak untuk menjual saham AAPL dengan harga $195, sedangkan harga market AAPL saat itu = $160. Jadi Anda dapat membeli AAPL dengan harga market $160 dan langsung menjualnya dengan harga $195. Jadi Anda memiliki keuntungan $35 , tetapi sebelumnya Anda telah membayar $ 5 untuk membeli option put ini, sehingga Anda memiliki keuntungan $35 – $ 5 = $ 30 ( Profit 600% )

Buy +1 Put AAPL 195, Jan 10 , Premi = $5



Kesimpulannya :

* Saham tersebut harus turun melebihi strike price + premi yang anda beli , barulah Anda bisa untung. Jika Anda Buy put , dan saham tidak bergerak turun atau turun hanya sedikit sekali, maka Anda akan Rugi.
* Jika Saham tersebut naik banyak sekali , maksimal Anda rugi hanya sebesar premi yang Anda bayar.
* Jika Saham tersebut turun banyak sekali, maka mungkin Anda dapat untung ratusan hingga ribuan persen.
* Ingat !!!, Jika saham tidak bergerak maka harga options Anda akan berkurang , karena terkikis oleh waktu (time decay).

Note :

* Anda dapat menjual kontrak options sebelum habis expire date nya. Dengan kata lain Anda dapat meng-over kontrak / menjual kontrak options ini ke orang lain dalam market.

Ada bebeberapa Basic Strategy dalam Options :

* Long Call Options (Beli Call)
* Long Put Options (Beli Put)
* Short Call Options (Jual Call)
* Short Put Options (Jual Put)
* Covered Call Options (“menyewakan saham”)
* Insurance Put Options (Asuransi saham)