Kamis, 28 Oktober 2010

Sell Put Options

Short put( sell put ) adalah Kewajiban untuk membeli sebuah saham dengan harga tertentu (Strike Price) sampai dengan waktu tertentu ( Expire date)

Artinya jika yang membeli option put ( orang yang buy put ) ingin meng-exercise hak nya , maka dia berhak untuk menjual saham tersebut dengan harga strike price, dan kita sebagai penjual option, wajib membelil saham tersebut dari option buyer dengan harga strike price tersebut, selama option tersebut belum expire.



Direction : Saham naik / Bullish

Volatility : Jika volatility naik , maka harga put anda akan semakin tinggi, maka anda akan di rugikan, karena Anda adalah penjual options.

Max Risk : Tak terbatas /sebesar harga saham, jika saham turun banyak, maka akan rugi semakin banyak.

Max Profit : sebesar premi/harga option yang diterima dari pembeli put.

Time Decay : Semakin waktu berlalu nilai optons akan semakin kecil karena terkikis oleh waktu, sehingga penjual options akan diuntungkan.

Tujuannya : Sebagai penjual waktu, karena didalam premi option terdapat time value yang setiap hari nya pasti akan berkurang.

Kelebihan : Setiap hari kita pasti diuntungkan dengan berkurang nya waktu, jika harga saham diam saja kita akan mendapatkan seluruh time value dalam harga options tersebut.

Kekurangan : Jika saham turun banyak sekali, maka kita dapat mengalami kekalahan yang nilainya sebesar nilai turunnya saham !!

Contoh nya :

Pada tanggal 01 Des 09 AAPL = $ 198, saya mempunyai posisi : -1 Put AAPL 195, Jan 10 ( Sell 1 lot Put Apple , strike price 195, expire Jan 2010 ) , premi = Credit USD 5

Artinya saya mempunyai kewajiban membeli saham AAPL dengan harga $195 dari saat ini hingga Jan 2010, walaupun harga AAPL turun hingga berapapun, untuk itu Anda mendapatkan premi sebesar $ 5.

Skenarionya jika pada saat Expire Januari 2010 :

* Jika saat Expire AAPL = 200, maka premi menjadi tidak ada harganya lagi ( expire worthless ) , Karena Anda mempunyai kewajiban untuk membeli saham AAPL dengan harga $195, padahal harga AAPL saat itu $ 200, tentu si pembeli put tidak akan mau menjual AAPL dengan harga $195 bukan ?. Anda menjual option put dengan harga $ 5 dan sekarang tidak berharga lagi. $5 (Profit 100%)


* Jika saat Expire AAPL = 198, maka premi menjadi tidak ada harganya lagi ( expire worthless ) , Karena Anda mempunyai kewajiban untuk membeli saham AAPL dengan harga $195, padahal harga AAPL saat itu $ 198, tentu si pembeli put tidak akan mau menjual AAPL dengan harga $195 bukan ?. Anda menjual option put dengan harga $ 5 dan sekarang tidak berharga lagi. $5 (Profit 100%)


* Jika saat Expire AAPL = 195, maka premi menjadi tidak ada harganya lagi ( expire worthless ) , Karena Anda mempunyai kewajiban untuk membeli saham AAPL dengan harga $195, padahal harga AAPL saat itu $ 195, tentu si pembeli put tidak perlu menjual AAPL dengan harga $195 kepada Anda, karena dia dapat menjual di market dengan harga yang sama. Anda menjual option put dengan harga $ 5 dan sekarang tidak berharga lagi. $5 (Profit 100%)


* Jika saat expire AAPL = 193, Maka harga premi Anda akan menjadi $ 2, Karena Anda mempunyai kewajiban untuk membeli saham AAPL dengan harga $195, sedangkan harga market AAPL saat itu = $193. Jadi Anda wajib membeli AAPL dengan harga kontrak = $195, sedangkan harga market = $193. Jadi Anda memiliki kerugian $2 , tetapi sebelumnya Anda telah menerima $ 5 dari pembeli option put ini, sehingga Anda masih untung $5 – $2 = $ 3 (Profit 60%)


* Jika saat expire AAPL = 190,Maka harga premi Anda akan menjadi $ 5, Karena Anda mempunyai kewajiban untuk membeli saham AAPL dengan harga $195, sedangkan harga market AAPL saat itu = $190. Jadi Anda wajib membeli AAPL dengan harga kontrak = $195, sedangkan harga market = $190. Jadi Anda memiliki kerugian $5 , tetapi sebelumnya Anda telah menerima $ 5 dari pembeli option put ini, sehingga Anda balik modal $5 – $5 = $ 0 (Break even point)


* Jika saat Expire AAPL = 180, Maka harga premi Anda akan menjadi $ 15, Karena Anda mempunyai kewajiban untuk membeli saham AAPL dengan harga $195, sedangkan harga market AAPL saat itu = $180. Jadi Anda wajib membeli AAPL dengan harga kontrak = $195, sedangkan harga market = $180. Jadi Anda memiliki kerugian $15 , tetapi sebelumnya Anda telah menerima $ 5 dari pembeli option put ini, sehingga Anda balik modal $15 – $5 = $10 (Loss 200%)


* Jika saat Expire AAPL = 160, Maka harga premi Anda akan menjadi $ 35, Karena Anda mempunyai kewajiban untuk membeli saham AAPL dengan harga $195, sedangkan harga market AAPL saat itu = $160. Jadi Anda wajib membeli AAPL dengan harga kontrak = $195, sedangkan harga market = $160. Jadi Anda memiliki kerugian $35 , tetapi sebelumnya Anda telah menerima $ 5 dari pembeli option put ini, sehingga Anda balik modal $35 – $5 = $30 (Loss 600%)

Buy +1 Put AAPL 195, Jan 10 , Premi = $5



Kesimpulannya :

* Saham tersebut harus turun melebihi strike price + premi yang anda jual , Anda akan rugi
* Jika Saham tersebut naik banyak sekali , maksimal Anda untung hanya sebesar premi yang Anda terima.
* Jika Saham tersebut turun banyak sekali, maka mungkin Anda dapat rugi ratusan hingga ribuan persen.
* Jika saham tidak bergerak maka harga options Anda akan berkurang , karena terkikis oleh waktu (time decay), sebagai penjual option Anda diuntungkan.

Note :

* Anda dapat membeli kembali kontrak options sebelum habis expire date nya.
* Posisi SELL PUT anda dapat di tutup dengan BUY PUT di strike price dan expire date yang sama.

Ada bebeberapa Basic Strategy dalam Options :

* Long Call Options (Beli Call)
* Long Put Options (Beli Put)
* Short Call Options (Jual Call)
* Short Put Options (Jual Put)
* Covered Call Options (“menyewakan saham”)
* Insurance Put Options (Asuransi saham)