Minggu, 07 November 2010

Jangan Pernah Mengandalkannya


Ironisnya, dunia berharap FED dan Departemen Keuangan AS memecahkan masalaha uang, walaupun kedua institusi itulah yang menyebabkan munculnya permasalahan ini. seperti yang kita pahami bahwa Fed bukanlah federal, dan bukan Amerika. Fed dimiliki oleh sejunlah keluarga terkaya di dunia. Fed adalah kartel perbankan, seperti bahaya OPEC ada alah kartel minyak. Sedikit orang yang menyadari bahwa institusi itu tidak memiliki persediaan cadangan karena tidak punya uang. Ia tidak memerlukan brankas besar untuk menampung uang. Buat apa menyimpan uang kalau aturan monopoli bagi bankir bisa diterapkan? Fed bukanlah bank - gagasan itu sama menipunya dengan uang kita.

Sejumlah orang mengatakan pembentukan Fed tidak sesuai dengan undang-undang dasar. Mereka menganggap pembentukan Fed membahayakan perekonomian dunia - dan memang begitu. Ada juga yang mengatakana Federal Reserve System adalah sistem terbaik yang pernah ada di dunia. Menurut mereka, sistem itu membantu mendatangkan kemakmuran yang belum pernah ada - dan memang begitu.

Hanya sedikit manfaat dari mempertanyakan motif para pendiri Fed. Kenyataannya, saat ini Fred menjalankan permainan. Alih-alih bertanya apa yang Presiden Obama akan lakukan dengan krisis ekonomi ini, lebih baeik bertanya pada diri sendiri, "Apa yang akan kulakukan?" Alih-alih bertanya apakah paket stimulus senilai triliunan dollar akan berhasil, lebih cerdas bertanya pada diri sendiri, Dari mana datangnya triliunan dollar itu? Apakah tadinya ia ada dibrankas seseorang?

Dalam bahasa yang sangat sederhana, para bankir bank sentral dunia hanya bisa melakukan dua hal, yaitu:

1. Menciptakan uang dari udara kosong, seperti yang di perbolehkan oleh aturan monopoli - sesuatu yang saat ini mereka lakukan dalam jumlah triliuanan.
2. Meminjamkan uang yang tidak mereka miliki. Saat anda meminjam uang dari bank, bank tidak perlu punya uang di brankas.