Minggu, 14 November 2010

Nama permainannya UTANG

Dalam bahasa yang sangat disederhanakan, setelah 1971, uang menjadi utang. Supaya perekonomian berkembang, anda dan saya harus berutang. Itulah sebabnya, kartu kredit dikirimkan lewat pos dan pinjaman ekuitas rumah tersedia bagi orang yang kreditnya tidak begitu bagus.



Secara teknis, uang didompet anda bukanlah uang. Itu adalah surat utang. Uang kita adalah utang. Penyebab begitu seriusnya krisis keuangan saat ini adalah aturan bankir mengenai uang Monopoli memungkinkan bank-bank terbesar dan Wallstreet mengemas utang serta menjualnya ke dunia sebagai aset. Menurut majalah Time, dari 2000 sampai 2007, ekspor terbesar Amerika adalah utang. Yang dilakukan oleh otak paling cerdas dan cemerlang dalam dunia perbankan serta investasi tak banyak berbeda dibandingkan dengan saat orang miskin melakukan pembiayaan ulang atas rumahnya untuk melunasi kartu kredit.

Kalau kita tahu uang kita rusak, uang kita adalah uang Monopoli, saat ini kita mungkin tak akan berada dalam krisis keuangan. Kalau orang punya pendidikan keuangan, mungkin ada lebih dari satu dalam sejuta orang yang bisa mendeteksi permasalahan keuangan kita. Kalau orang punya lebih banyak pendidikan keuangan, mereka tidak akan secara membuta percaya bahwa rumah mereka adalah aset, bahwa menabung itu cerdas untuk berinvestasi. Namun, karena kurangnya pendidikan keuangan, pihak yang berkuasa mampu melanjutkan kebijakan moneter mereka yang membawa kehancuran. Mereka diuntungkan bila anda dan saya ada dalam kegelapan. Itulah sebabnya,,orang kaya pertama0tama harus menyingkirkan sistem pendidikan keuangan sebelum mereka bisa membanjiri dunia dengan utang. Itulah sebabnya, sekolah kita tidak mengajari kita tentang uang.