Selasa, 19 Juli 2011

Asia Cemaskan Krisis Utang Eropa & AS

Bursa saham Asia melemah akibat kecemasan penyelesaian krisis utang zona-euro dan AS yang buat investor khawatir terhadap outlook perekonomian global.

Kospi turun 0,7% akibat ketidakpastian penyelesaian masalah utang Eropa dan AS yang turut grogoti outlook pendapatan eksportir Korea Selatan. Samsung Electronics dan Hynix Semiconductor masingmasing anjlok 2,3% dan 4,4% seiring jatuhnya harga chip. POSCO merosot 3,3% akibat kekhawatiran turunnya laba seiring meningkatnya biaya input dan memburuknya prospek permintaan baja. Namun, Samsung Life Insurance melejit 3% setelah umumkan rencana pembelian saham senilai $269 juta.

Hang Seng melemah 0,3%; volume perdagangan juga berada di level rendah untuk 2011, ini tentunya tunjukan kewaspadaan investor jelang publikasi laporan keuangan perusahaan dan belum terselesaikannya krisis utang zona-euro dan AS. Sektor developer terpukul setelah data tunjukan meningkatnya harga rumah Cina; ini picu kekhawatiran Beijing akan tingkatkan kebijakan pengetatan demi redam kenaikan harga rumah. Akan tetapi, saham Agricultural Bank of China menguat 2,8% akibat laporan investor besar kemungkinan akan tetap berinvestasi di perusahaan tersebut setelah periode lock-up berakhir pada hari Senin.

Semoga info ini bermanfaat.

Salam CUan :)