Jumat, 15 Juli 2011

IMF: Irlandia Membutuhkan Solusi Cepat Pada Krisis Zona Eropa



Beban hutang Irlandia masih dapat diatasi namun butuh agar petinggi di Eropa cepat dalam menyetujui solusi terhadap krisis hutang zona Eropa jika ingin yield obligasinya yang tinggi turun, ucap salah satu pejabat senior IMF hari Kamis. Irlandia mendapat pujian dari IMF, komisi Eropa dan ECB pada hari Kamis setelah peninjauan ulang kuartalan terhadap program Dublin sebagai implementasi bantuan senilai 85 milyar euro. Namun yield obligasi Irlandia, yang menyentuh rekor tinggi pada hari Rabu, bertahan di level tinggi mengingat krisis yang mendalam dan downgrade oleh Moody’s terhadap peringkat hutang Irlandia menjadi junk pekan ini.

Ajai Chopra, kepala misi IMF di Irlandia, mengkritik kritikk terhadap pemimpin di Eropa, mengatakan mereka harus memberikan kebijakan yang “konsisten, kohesif, dan kooperatif” dan mengatakan perusahaan rating mungkin telah terlalu tinggi menilai krisis hutang zona Eropa. "Apa yang penting saat ini untuk Eropa adalah menghilangkan
ketidakpastian yang telah dicerna pasar dan banyak orang sebagai respon yang tidak perlu," ucapnya. "Yang kurang selama ini adalah solusi dari Eropa untuk permasalahan di Eropa sendiri."