Jumat, 30 Maret 2012

Euro Cemaskan Anggaran Spanyol


Euro diperdagangkan melemah terhadap Dollar dan juga Yen pada hari Kamis seiring munculnya kecemasan investor menjelang presentasi anggaran Spanyol pada hari Jumat, yang memicu aksi hindar resiko di pasar mendekati akhir kuartal pertama.

Pelaku pasar juga nampak berhati-hati menjelang pertemuan menteri keuangan zona Euro, yang diharapkan akan menyetujui wacana ekspansi fasilitas dana penyelamatan kawasan. "Adanya beberapa peristiwa krusial beresiko dalam beberapa hari ke depan telah mendorong investor untuk mengurangi posisi," kata Nick Bennenbroek, kepala strategi mata uang pada Wells Fargo Bank di New York. "Meski solid di awal pekan, secara keseluruhan masih ada tekanan jual untuk Euro, sehingga investor coba memanfaatkan sedikit kenaikan yang terjadi," tambahnya.

Sementara optimisme terhadap wacana kenaikan plafon dana penyelamatan terlihat sedikit surut setelah salah seorang anggota dewan European Central Bank yang juga menjabat sebagai kepala Bundesbank, Jens Weidmann, memperingatkan bahwa peningkatan tersebut hanya meredakan ketegangan negara-negara zona Euro untuk sementara waktu saja.

Semoga info ini bermanfaat.

Salam CUan :)