Selasa, 27 Maret 2012

Persetujuan Merkel Melegakan Euro


Apresiasi Euro terhadap Dollar AS masih berlanjut pada awal pekan ini menyusul rilis data sektor perumahan AS yang lebih lemah dari perkiraan dan komentar dovish Ketua Federal Reserve Ben Bernanke tentang pasar tenaga kerja kembali memicu ekspektasi pelonggaran kuantitatif lebih lanjut, yang menekan mata uang AS dan sebaliknya membuat aset beresiko menjadi lebih menarik di mata para investor.

"Semua itu mengarahkan pasar kepada pandangan bahwa Fed masih akan terus melanjutkan stimulus ekonominya," kata Boris Schlossberg, direktur penelitian forex pada GFT di Jersey City, New Jersey.

"Saya pikir mereka juga belum memiliki langkah lain untuk menghilangkan ataupun mengurangi kemungkinan tersebut." Euro juga menuai dukungan dari Eropa, di mana Kanselir Jerman Angela Merkel dikabarkan telah memberikan persetujuan terkait wacana ekspansi fasilitas dana penyelamatan zona Euro yang mungkin akan dibahas dalam pertemuan menteri keuangan di Copenhagen pada 30-31 Maret mendatang. Fokus pasar pekan ini juga akan tertuju pada lelang obligasi Italia dan anggaran Spanyol pada hari Jumat.

Semoga info ini bermanfaat.

Salam CUan :)