Kamis, 22 Maret 2012

Faktor Teknikal Picu Kejatuhan Euro


Euro merosot cukup tajam versus Dollar AS dan juga Yen pada hari Rabu seiring indikator teknikal mulai memasuki area overbought. Terpicunya order stop loss juga semakin menenggelamkan mata uang tunggal ini setelah gagal mencetak level tertinggi baru.

Sebelumnya, Euro sempat pulih menyusul munculnya kabar bahwa parlemen Yunani telah menandatangani persetujuan bailout. Kendati dipandang hanya sebagai formalitas oleh banyak kalangan, penandatangan yang memastikan pengucuran dana bailout tersebut tetap mendatangkan beberapa dorongan bagi Euro di awal perdagangan hari Rabu.

Namun minimnya faktor yang mendorong kenaikan Euro di sesi perdagangan New York
mendesak para investor untuk kembali menjual Euro, yang lebih lanjut memicu order stop loss. "Kurangnya dorongan berkelanjutan bagi Euro di atas $1.32 telah membuat keadaan berbalik, yang kemudian membuat stop loss yang berada sedikit di bawah level $1.32 terpicu," kata Joseph Trevisani, kepala analis pasar pada Worldwide Markets di Woodcliff Lake, New Jersey.

Sejumlah analis teknikal sebelumnya telah memperkirakan jika rally Euro kemungkinan akan kehabisan tenaga di sekitar $1.33, tepat di atas retracement 61,8% dari kejatuhan bulan Februari sampai pertengahan bulan Maret.

Semoga info ini bermanfaat.

Salam CUan :)