Jumat, 30 Maret 2012

Kekhawatiran Hutang Eropa Menguntungkan Sterling


Poundsterling berhasil rebound terhadap Dollar AS pada hari Kamis seiring kembali merebaknya kecemasan hutang zona Euro menjelang pengumuman anggaran Spanyol. Sterling juga menuai dukungan dari rencana akuisisi perusahaan Perancis, GDF Suez, yang menawarkan £6 milyar untuk 30% kepemilikan saham produsen listrik Inggris, International Power.

Kendati demikian, upaya pemulihan yang coba dilakukan Cable masih nampak terbatas menyusul lemahnya serangkaian data ekonomi Inggris terbaru.

Data hari Kamis menunjukkan persetujuan hipotek Inggris secara tak terduga mengalami penurunan pada bulan Februari, ditambah rekor penurunan bulanan dalam jumlah uang beredar. Data lain yang dirilis oleh Nationwide juga memperlihatkan harga rumah di Inggris mengalami penurunan bulanan terbesar dalam lebih dari 2 tahun pada bulan Maret. "Dengan sedikit lemahnya data Inggris dan persetujuan hipotek yang mengecewakan, investor mulai sangsi apakah Sterling akan dapat melampaui $1.60," kata Richard Driver, analis mata uang Caxton FX.

Semoga info ini bermanfaat.

Salam CUan :)