Selasa, 23 Agustus 2011

Asia Masih Cemaskan AS & Eropa

Bursa saham Asia melemah, gagal pertahankan reli di awal sesi akibat investor masih cemaskan kondisi ekonomi di AS dan Eropa. Pasar nantikan pidato Ketua Federal Reserve, Ben S. Bernanke, pada 26 Agustus mendatang untuk mencari petunjuk bagaimana pembuat kebijakan berencana tangani gejolak di pasar keuangan dan isyarat akan kemungkinan pelonggaran moneter lebih lanjut.

Nikkei catatkan level penutupan terendah sejak 15 Maret silam akibat dominannya kekhawatiran atas ekonomi AS meski pemerintah Jepang siap untuk redam penguatan yen. Kospi lanjutkan penurunan untuk sesi ketiga berurutan seiring berlanjutnya aksi jual oleh investor asing. Kecemasan ekonomi global dapat tergelincir kembali ke dalam jurang resesi buat investor ragu untuk membeli saham perusahaan besar yang telah alami penurunan tajam belakangan ini.

Meski demikian, Hang Seng berhasil menguat, ditopang oleh reli HSBC akibat harapan segera selesainya perang saudara Libya. Namun, Anhui Conc Cement anjlok 3,6% setelah media laporkan harga semen di Cina turun untuk bulan Juli.

Semoga info ini bermanfaat.

Salam CUan :)