Rabu, 24 Agustus 2011

Data Jerman & China Menenangkan Euro


Euro berhasil melakukan rally pada hari Selasa pasca rilis data sektor manufaktur Jerman dan China yang lebih baik dari perkiraan mampu meredakan sejumlah kekhawatiran investor terhadap melambatnya pertumbuhan ekonomi global. Mata uang terkait komoditas seperti Dollar Australia dan Selandia Baru juga ditawarkan lebih tinggi seiring meningkatnya tekanan terhadap Dollar AS akibat ekspektasi bahwa Federal Reserve akan segera melakukan tindakan untuk merangsang perekonomian AS yang lesu.

Simposium tahunan Federal Reserve yang akan mulai digelar pada Jumat mendatang di Jackson Hole, Wyoming benar-benar dinantikan pasar. Mengingat pada acara yang sama tahun lalu Ketua Fed Ben Bernanke juga mensinyalkan akan melakukan tindakan yang kemudian dikenal pasar sebagai QE2, yang merupakan sebuah program pembelian obligasi
senilai $600 milyar. "Pasar benar-benar berharap pidato Bernanke nanti akan mengarah pada gagasan untuk menambah pembelian aset," kata Brian Dolan, kepala analis pada Forex.com di Bedminster, New Jersey. "Namun saya tidak yakin Bernanke akan melakukannya, meskipun itu yang menjadi ekspektasi pasar saat ini."

Semoga info ini bermanfaat.

Salam CUan :)