Kamis, 18 Agustus 2011

SNB Gagal Redam Laju Franc Swiss

Franc Swiss diperdagangkan menguat pada hari Rabu dan berpotensi menguji rekor tertinggi dalam beberapa hari mendatang, setelah tindakan Swiss National Bank untuk memperlambat laju penguatan mata uangnya justru mengecewakan investor dan memicu akselerasi Franc.

Swissie bergerak menguat dan mengabaikan pernyataan SNB yang mengatakan akan manambah likuiditas hingga 200 milyar Franc dari sebelumnya 120 milyar, sembari menegaskan kembali akan mengambil langkah-langkah tambahan jika diperlukan.

Sementara dalam pertemuan terpisah, pemerintah Swiss juga mengumumkan peluncuran paket yang menyediakan dana sebesar 2 milyar Franc Swiss untuk mendukung perekonomian dan membantu sektor ekspor dan pariwisata.

"Pasar sangat kecewa karena pada awalnya mereka mengharapkan tindakan yang lebih besar," kata Chris Walker, analis mata uang pada UBS di London. "Satu-satunya alasan Dollar/Franc bergerak naik adalah antisipasi para investor terhadap kemungkinan tindakan yang lebih agresif dari bank sentral, dan itu tidak terjadi. Sehingga mendorong berlanjutnya pembelian mata uang Swiss."

Semoga info ini bermanfaat.

Salam CUan :)