Rabu, 24 Agustus 2011

Manufaktur Cina Legakan Asia


Bursa saham Asia menguat setelah data PMI manufaktur Cina berhasil berikan investor harapan di tengah suramnya outlook ekonomi global. Indeks PMI manufaktur Cina, yang dirilis HSBC, meningkat ke level 49.5 di bulan Agustus, lebih baik dari publikasi sebelumnya 49.3. Cina merupakan salah satu tujuan ekspor utama bagi negara di Asia.

Nikkei naik 1,2% akibat maraknya aksi bargain hunting meski berlanjutnya penguatan yen berhasil batasi kenaikan indeks. Toshiba melonjak 3.2% setelah perusahaan umumkan akan naikan produksinya 5x lipat pada 2015 untuk penuhi permintaan Cina.

Kospi reli 3,8% seiring investor memburu saham berperforma baik yang telah terpuruk belakangan ini. Kia Motors naik setelah produsen mobil tersebut katakan telah membeli saham-nya senilai ₩163,3 miliar. Hyundai Engineering & Construction menguat akibat harapan segera selesainya krisis Libya akan aktifkan kembali proyek konstruksi di negara tersebut.

Hang Seng menguat 1,8%, ditopang oleh membaiknya indeks manufaktur Cina yang berhasil bangkitkan minat investasi. Namun, BYD, produsen mobil Cina yang didukung Warren Buffett, anjlok 12,7% setelah laporkan penurunan laba 89% untuk semester pertama 2011.

Semoga info ini bermanfaat.

Salam CUan :)