Senin, 08 Agustus 2011

Bursa Saham Asia Terjun Bebas

Bursa saham Asia terpuruk dan dapat lanjutkan penurunan jika pembuat kebijakan global tidak stabilkan krisis utang zona-euro dan cegah ekonomi AS tergelincir kembali ke dalam jurang resesi.

Nikkei melorot 3,7% akibat maraknya aksi jual di tengah memburuknya kondisi Eropa dan munculnya kecemasan atas performa ekonomi AS. Produsen minyak Inpex dan Japan Petroleum Exploration masing-masing terjungkal 6,8% dan 5.4%, ikuti jejak kejatuhan harga minyak. Mitsubishi Heavy Industries turun 1,7% dan Hitachi anjlok 4,3% akibat beredarnya isu kedua perusahaan akan menunda rencana merjer.

Kospi melemah 3,7%, dimana saham produsen kapal dominasi kejatuhan akibat merebaknya kekhawatiran atas pertumbuhan ekonomi global. Dana pensiun, baik milik negara dan swasta, terlihat lakukan aksi bargain-hunting namun gagal hentikan penurunan indeks. Operator seluler KT Corp anjlok 3,5% setelah catatkan penurunan laba 36%. ESTSoft tumbang 14.8% akibat laporan servers perusahaan terlibat dalam kasus hacking terbesar di Korea Selatan.

Hang Seng turun 4,3% seiring terpukulnya saham eksportir dan pertambangan akibat bertambahnya bukti akan lemahnya pertumbuhan ekonomi global. Hutchison Whampoa melorot 8,3% setelah laporkan pendapatan yang suram. Cheung Kong jatuh 6.2% setelah catatkan pendapatan yang lebih rendah dari prediksi analis.

Semoga info ini bermanfaat.

Salam CUan :)