Selasa, 09 Agustus 2011

Asia Terpuruk Makin Dalam

Bursa saham Asia terpuruk meski para pembuat kebijakan global berusaha bangkitkan kepercayaan investor yang cemas dengan perlambatan ekonomi global paska penurunan peringkat kredit AS dan memburuknya krisis utang zona-euro.

Nikkei melemah 2,2% setelah S&P turunkan peringkat kredit AS. Analis peringatkan makin memburuknya kekhawatiran atas ekonomi global dapat picu kejatuhan lebih lanjut di jangka panjang meski Nikkei telah anjlok 5,4% pekan lalu dan USD/JPY stabil di atas 78. Honda Motor merosot 3% setelah umumkan rencana penarikan 2,49 juta mobil untuk perbaiki software yang pengaruhi transmisi otomatis.

Kospi ditutup turun 3,8% setelah sempat melorot lebih dari 7% pada perdagangan Senin. "KOSPI pangkas kerugian seiring munculnya persepsi indeks sudah jatuh terlampau dalam. Ini terlihat dari berkurangnya aksi jual investor asing dan pembelian investor institusional," ungkap Oh Jae-yeol, analis IBK Securities.

Investor asing masih lakukan aksi jual untuk lima sesi berurutan, namun jumlah penjualan turun seperlima. Investor institutional terlihat membeli saham senilai 640 milliar won.

Hang Seng turun tajam seiring investor retailer menjual saham perbankan dan industri paska pemangkasan peringkat kredit AS yang makin perburuk sentimen.

Semoga info ini bermanfaat.

Salam CUan :)