Kamis, 11 Agustus 2011

Euro Cemaskan Perbankan Perancis

Euro tumbang versus Dollar AS dan Franc Swiss pada perdagangan hari Rabu, dipicu kekhawatiran terhadap permasalahan yang mungkin membebani perbankan Perancis yang memegang kepemilikan surat hutang zona Euro dalam jumlah besar. Koreksi tajam pada harga saham dan kekhawatiran terhadap prospek ekonomi global juga memukul sentimen resiko dan membebani Euro.

Saham-saham perbankan Perancis melemah tajam dalam perdagangan di Paris. Saham Societe General, yang menjadi fokus utama para trader, diperdagangkan anjlok hingga 14,7% meskipun juru bicara bank telah membantah rumor yang muncul.

BNP Paribas juga harus kehilangan sekitar 9,5%. "Pembelian obligasi Italia dan Spanyol oleh European Central Bank belum mampu meredakan kekhawatiran yang lebih luas terhadap sistem perbankan Eropa dan hutang pemerintah," kata Steven Englander, kepala global strategi forex G10 pada Citigroup di New York. "Euro mungkin akan kesulitan untuk mempertahankan level saat ini, kecuali para pembuat kebijakan Eropa bersedia untuk bertindak lebih agresif dari yang telah mereka tunjukkan sejauh ini."

Semoga info ini bermanfaat.

Salam CUan :)